in ,

Destinasi Wisata Gratis di Surabaya, Peraih Online Populer City Guangzhou Award yang Pas untuk Liburan di Akhir Tahun

Pilihan Wisata Gratis di Surabaya, Walau Percuma Bukan Berarti Takbisa Bikin Bahagia!

Pada ajang penghargaan Guangzhou Awar 2018 yang digelar pada awal Desember lalu, Surabaya berhasil naik panggung sebagai peraih penghargaan untuk kategori Online Popular City. Dengan segala inovasi yang dibuatnya, Kota Pahlawan memang layak untuk menjadi destinasi liburan. Nah! Jika budget pas-pasan tapi penasaran dengan kecantikan kota peraih penghargaan tersebut, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa tempat wisata gratis di Surabaya. Apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini yuk!

Baca juga : Destinasi Wisata Warna-warni di Korea Selatan, Cantiknya Persis Seperti Artis Drama Korea

1. Gedung-gedung Tua di Kawasan Jembatan Merah

Surabaya Rasa Eropa via Instagram/ marvin.ade

Mengunjungi beberapa destinasi wisata gratis di Surabaya bukan berarti tidak menyenangkan. Seperti berjalan-jalan di antara gedung-gedung tua yang ada di Kawasan Jembatan Merah, misalnya. Teman Traveler bisa foto-foto dengan latar belakang seperti di depan gedung De Javasche Bank atau Museum Escompto Bank yang bergaya Eropa. Piknik gratis yang bikin nagih!

2. House of Sampoerna

Ruang Produksi di House of Sampoerna via Instagram/ oshinliangtho

House of Sampoerna yang berada di kawasan Kota Tua Surabaya adalah destinasi pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi dengan percuma. Bangunan bersejarah ini cantik dengan bentuknya yang klasik.

Salah Satu Ruangan di House of Sampoerna via Instagram/ cazeharie

Semula, pada 1862 ia merupakan panti asuhan yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Namun pada 1932, bangunan ini dibeli oleh pendiri Sampoerna untuk dijadikan gedung produksi. Di lantai dua House of Sampoerna, Teman Traveler bisa melihat suasana produksi rokok yang masih menggunakan teknik manual atau linting.

3. Monumen Jalesveva Jayamahe

Woho! Nggak Kalah Keren dengan Liberty Dong via Instagram/ yoanasandra

Selanjutnya, Teman Traveler bisa menghabiskan tahun baru di Surabaya secara gratis dengan mengunjungi Monumen Jalesveva Jayamahe. Monumen ini berada di area Pangkalan TNI AL Ujung, Surabaya. Kegagahan sesosok patung Perwira TNI AL lengkap dengan atribut kehormatan berupa pedang yang langsung menghadap laut, takkalah menakjubkan dengan Patung Liberty.

Gagahnya Monumen Jalesveva Jayamahe via Instagram/ alivrahmatul

Untuk mengunjunginya, Teman Traveler harus mendapatkan izin dari petugas yang berjaga. Jangan lupa menggunakan pakaian rapi dan sepatu ya! Siap-siap dapat foto keren!

4. Kebun Bibit Wonorejo

Menikmati Teduh Surabaya di Kebun Bibit Wonorejo via Instagram/ toystoya

Destinasi wisata gratis di Surabaya satu ini cocok untuk Teman Traveler yang ingin menghirup kesegaran udara Kota Pahlawan. Di tengah suhu udara kota yang panas, berkunjung ke sini seperti oase! Teman Traveler bisa duduk-duduk menghadap danau buatan dan berteduh di bawah pohon yang rindang. Kebun Bibit Wonorejo memang difungsikan sebagai tempat pembibitan, pembuatan pupuk dan ruang terbuka hijau. Berkunjung ke sini, tidak akan dipungut biaya sama sekali.

5. Air Mancur Menari, Jembatan Kenjeran

Cantiknya Air Mancur Menari di Jembatan Kenjeran via Instagram/ rohmatdarmawan

Atraksi air mancur menari di Jembatan Kenjeran Surabaya akan membuat liburan akhir tahun Teman Traveler terasa lebih berwarna. Pertunjukan air mancur menari bisa dinikmati setiap Sabtu malam, mulai dari pukul 20.00-21.00 WIB. Melihat air mancur meliuk-liuk dengan warna-warni yang terang, tampak sebagai sebuah hiburan yang mewah. Jika tidak bisa menyaksikan atraksinya, Teman Traveler bisa melihat cantiknya Pantai Kenjeran dari atas jembatan. Nggak ada yang sia-sia deh!

6. Surabaya North Quay

Menikmati Sunset di Surabaya North Quay via Instagram/ masbeng2

Destinasi wisata gratis di Surabaya selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Surabaya North Quay. Khusus pecinta sunset dan semilir angin laut, berada di Surabaya North Quay pasti akan membuat terbuai. Jika beruntung, Teman Traveler juga bisa menyaksikan kapal pesiar yang kerap singgah di sini.

Jika Beruntung Bisa Menyaksikan Kapal Pesiar Bersandar via Instagram/ meryanariyan

SNQ sendiri sebenarnya merupakan bagian dari terminal penumpang Gapura Surya Nusantara. Ia berada di lantai dua dan tiga. Di sini juga tersedia food court jika Teman Traveler merasa lapar dan haus. Nggak masalah kalau mau sekadar duduk-duduk saja sembari menikmati semilir anginnya. Asyiknya lagi, setiap Selasa dan Kamis, SNQ menggelar live music lho!

7. Keliling Kota Pakai Suroboyo Bus

Jalan-jalan Keliling Kota Surabaya dengan Gratis Pakai Suroboyo Bus via Instagram/ asrykristyranty

Inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Surabaya dalam menciptakan Suroboyo Bus ini memang luar biasa. Dengan menukar beberapa botol plastik bekas, Teman Traveler bisa naik bus ini untuk keliling Kota Surabaya. Bus dibuat dengan sangat nyaman, kursi prioritas untuk wanita hamil, orang tua dan kaum difabel juga diperhatikan. Melalui dalam bus, Teman Traveler bisa melihat-lihat kecantikan kota, mulai dari Museum Bank Indonesia, Pasar Turi dan Jembatan Merah. Menyenangkan!

Pilihan destinasi atau atraksi wisata gratis di Surabaya di atas, pas dinikmati sebagai libur akhir tahun. Tidak heran jika Surabaya mendapatkan penghargaan sebagai Online Popular City di Guangzhou Award 2018 lalu. Bagaimana? Tertarik? Ajak beberapa teman agar liburan terasa lebih menyenangkan ya? Selamat berlibur! Next

ramadan
Kafe dengan Games Seru di Jakarta

Kafe dengan Games Seru di Jakarta, Tinggalkan Gadget Saat Nongkrong

Liburan Romantis Berdua di Bali, Coba Lakukan 5 Hal Manis Ini