in , ,

Menilik Wisata Kabupaten Semarang, Tak Sekadar Liburan

Sering disebut Semarang coret, geliat pariwisata di seputar kabupaten Semarang tampaknya makin semarak saja saat ini. Terbukti dari semakin banyaknya pilihan destinasi baru bermunculan yang makin memanjakan wisatawan.

Baca juga : Hutan Lali Jiwo, Keindahan yang Misterius di Gunung Arjuno

Obyek-obyek wisata yang sudah ada lebih dulu juga tak mau kalah. Pengelolanya semakin hari semakin memperbaiki dan memperbanyak fasilitas yang semakin membuat pengunjung betah.

Nah, buat Teman Traveler yang sudah tamat mengelilingi setiap sudut wisata di kota Semarang, sekarang saatnya kamu melipir ke beberapa tempat wisata andalan yang ada di kabupaten Semarang. Penasaran apa saja? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut.

Cimory on the Valley

img_20170625_144410_cWl.jpg
Spot air terjun mini di Cimory on the Valley (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang pertama adalah Cimory on the Valley yang terletak di kecamatan Bergas, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta KM.30 Semarang. Outlet termuda Cimory setelah dua pendahulunya di Bogor ini memang masih menjadi favorit tempat berlibur, terutama bagi mereka yang datang bersama keluarga. Terlebih saat libur lebaran atau tahun baru, Cimory on the Valley bakal terasa penuh sesak.

img_20170625_143348_UlV.jpg
Area Cimory Farm (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sesuai namanya, Cimory on the Valley mengusung konsep restoran yang dipadukan dengan kontur tanah yang mirip seperti lembah. Suasana alam yang asri dan sejuk bakal Teman Traveler temukan di sini.

58410434_347417886129398_7610440452612505328_n_cHI.jpg
Wahana Mini Mania via Instagram/tikaadc

Yang bikin Cimory on the Valley menarik dan tampak berbeda adalah adanya beberapa wahana yang tak bisa Teman Traveler jumpai di Cimory Mountain View maupun Cimory Riverside. Sebutlah Cimory Farm, Rumah Hobbit, dan yang paling baru adalah Mini Mania, sebuah taman yang berisi miniatur belasan landmark keren dari seluruh penjuru dunia.

Hortimart Agro Center

img_20190203_132653_etX.jpg
Buah hasil panen kebun Hortimart (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Masih bernuansa alam, destinasi wisata berikutnya yaitu Hortimart Agro Center. Kalau Teman Traveler pernah berkunjung ke Taman Buah Mekarsari yang ada di Cileungsi Bogor, maka Hortimart ini memiliki konsep yang hampir serupa. Bedanya, area Hortimart tidak seluas Taman Buah Mekarsari. Meski begitu, beragam aktivitas seru bisa Teman Traveler jumpai di Hortimart.

64227402_2381335898646838_1924805732260368956_n_lAM.jpg
Kebun kelengkeng Hortimart via Instagram/hanielyudi

Sebutlah mengelilingi kebun buah dan sayur menggunakan sebuah mobil berwarna oranye yang disediakan oleh pengelola Hortimart. Teman Traveler cukup membeli tiket seharga sekitar Rp15 ribu per orang, dan akan diantar mengitari kebun Hortimart.

Sembari mendengar penjelasan guide mengenai informasi menarik seputar Hortimart. Saat musim panen buah, Teman Traveler juga bisa turun sejenak ke kebun untuk petik buah langsung dari pohonnya.

69262412_128418475108859_6933712120698580438_n_EQ7.jpg
Area kebun buah Hortimart via Instragram/hanielyudi

Selain itu, Teman Traveler berkesempatan pula menikmati hidangan lezat yang tersedia di Agro Resto Hortimart. Sebagai buah tangan untuk orang tersayang, Teman Traveler bisa memborong buah-buahan dan sayuran segar hasil panen kebun di Agro Mart Hortimart.

Ada pula aneka tambulampot (tanaman buah dalam pot) yang bisa kamu beli di Agro Supply Hortimart. Seru, kan?

Dusun Semilir

img_1563_pFp.JPG
Salah satu Kubah Stupa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bertetanggaan dengan Hortimart Agro Center, ada satu obyek wisata baru berkonsep eco park yang wajib pula Teman Traveler singgahi. Menggabungkan unsur wisata alam, pedesaan, kuliner nusantara, dan edukasi, Dusun Semilir sukses menggaet rasa penasaran wisatawan untuk datang berkunjung.

img_1554_CAR.JPG
Bagian dalam Sepoi-sepoi Food Garden (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di awal grand launching-nya pada Mei 2019 silam, tiket masuk Dusun Semilir hanya Rp5.000. Teman Traveler bakal disambut dengan Kubah Stupa raksasa begitu tiba di pelataran Dusun Semilir. Di dalamnya, Teman Traveler akan semakin dibuat terpesona karena setiap desain bangunan Dusun Semilir sangat instagenic dan menarik.

img_1528_kEW.JPG
Bagian awal lorong Jembatan Senggol (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebutlah spot hutan tropis minimalis di dalam Kubah Stupa, lorong Jembatan senggol yang menghubungkan Kubah Stupa dengan Sepoi-sepoi Food Garden, aneka gerobak tradisional yang menjual street foods, hingga stores yang menyediakan beragam suvenir dan camilan khas nusantara.

Kerennya, Dusun Semilir sekarang sedang dalam proses pembangunan tahap kedua lho. Rencananya akan disediakan berbagai wahana baru seperti Pet Village, Banyu Biru, Play Park, Exotic Village, dan The Villas Glamping. Wah, nggak sabar menunggu, nih.

Eling Bening

img_20190203_120326_Lwm.jpg
Waduk Rawa Pening tertutup mendung (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler tertarik memandang kecantikan waduk Rawa Pening dari ketinggian, artinya harus mengunjungi Eling Bening. Destinasi ini menawarkan paket komplet untuk dijadikan obyek berlibur. Selain ada garden cafe resto yang menyajikan pilihan menu menggoda selera, Eling Bening juga memiliki beragam wahana seru.

img_20190203_115205_NSj.jpg
Salah kolam infinity di Eling Bening (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika ingin menyaksikan deretan pegunungan, hamparan sawah, dan keindahan waduk Rawa Pening, salah satu spot terbaiknya adalah di atas perahu naga berwarna putih yang berdiri di atas tanah setinggi kurang lebih 15 meter.

Teman Traveler yang ingin bermain air sepuasnya, dapat menjajal berenang di infinity pool Eling Bening dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 saja.

img_20190203_115821_Mq3.jpg
Spot favorit (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler pun bisa puas melakukan swafoto di lokasi-lokasi instagenic yang ada di wisata ini, seperti taman bunga, spot ayunan, spot rumah hanoi, bangunan megah ala istana negeri dongeng, dan gardu pandang. Pokoknya Teman Traveler bakal puas seharian keliling Eling Bening.

Indonesian Railway Museum

img_0741_kvt.JPG
Stasiun Ambarawa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Wisata andalan kabupaten Semarang terakhir yang wajib masuk bucket list Teman Traveler tentu saja Indonesian Railway Museum, atau lebih familier dengan sebutan Museum Kereta Api Ambawara. Berada di Jalan Stasiun No.1 kecamatan Ambarawa, museum ini merupakan museum kereta terbesar di Asia Tenggara, lho.

img_0729_lft.JPG
Sejarah panjang kereta api di Indonesia (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Di Indonesian Railway Museum, Teman Traveler berpeluang belajar banyak hal mengenai sejarah panjang perkeretaapian di Indonesia. Sejak dari gagasan tentang kereta api pertama di Indonesia pada tahun 1840 hingga perkembangannya di era modern saat ini.

Semua informasi lengkap tersebut tersaji dalam gambar-gambar dan tulisan yang ditempel di dinding sepanjang kurang lebih 45 meter.

img_0811_sPa.JPG
Kereta wisata reguler (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain itu, Teman Traveler juga dapat menilik langsung koleksi aset bersejarah seputar perkeretaapian, seperti lokomotif uap dan alat kerja para masinis. Eits, jangan lewatkan pula untuk naik kereta wisata Ambarawa. Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp50.000 supaya bisa berkeliling menaiki kereta wisata reguler yang ditarik dengan lokomotif diesel vintage hidrolik.

Nah, gimana Teman Traveler? Paket lengkap banget kan pilihan wisata yang ada di kabupaten Semarang. Kamu mungkin butuh waktu 2-3 hari supaya bisa puas mengunjungi semua destinasi tersebut. Siap bertualang lagi? Next

ramadan
Itinerari Sekitar Pura Uluwatu Seharian

Itinerari Liburan Seharian di Uluwatu, Dari Kulineran hingga Sunset-an

Peppermint Beans

Peppermint Beans, Tongkrongan Serba Tosca Cantik di Malang