in ,

Festival Pesona Selat Lembeh Kota Bitung, Menyelam Dengan Biota Laut Unik

Kota Bitung sedang menyelenggarakan perhelatan besar yaitu Festival Pesona Selat Lembeh. Acara yang berlangsung mulai 6-10 Oktober ini menjadi tahun ketiga diselenggarakan. Bertujuan mempromosikan wisata bahari Kota Bitung Sulawesi Utara, terutama wisata menyelam yang terkenal dengan keunikan biota lautnya. Penasaran rangkaian acara dan wisata bitung ada apa saja? yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Kencan Anti Mainstream Bareng Pacar di Kampung Coklat Blitar

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Tari Kabasaran via Instagram rizky.polii

Festival ini di senggelarakan di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung, merupakan tiga dari festival besar Sulawesi Utara yang masuk ke dalam 100 Wonderful Event National. Acara dibuka dengan karnaval ratusan kapal, yang menarik ditampilkan tarian khas Suku Minahasa, Tari Kabasaran. Sebagai puncak acara nanti ada sailing pass yang diikuti 200 perahu nelayan.

The Mecca Of Macro Photography

Hairy Frogfish via Shutterstock

Selat Lembeh dijuluki The Mecca Of Macro Photography karena keunikan biota laut yang mungkin tidak pernah ditemui di tempat lain. Biota laut tersebut bersifat endemik, langka dan berukuran kecil yang sering berkamuflase. Rumah bagi para nudibranch, flamboyant sotong, mimic octopus hingga ikan frog berbulu. Surga bagi Teman Traveler pecinta fotografi, banyak objek mahal yang sangat menarik diabadikan.

Taman Nasional Tangkoko

Monyet Hitam via Shutterstock

Selain wisata baharinya, Bitung memiliki Taman Nasional Tangkoko yang berada pada wilayah Desa Batu Putih, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Hutan yang memiliki luas 615 Hektar ini adalah habitat asli hewan endemik seperti monyet hitam (macaca nigra), tarsius, burung rangkong, babi hutan dan anoa. Tanaman eksotis seperti pohon kulit hitam (ebony), pohon fikus, dan coro menjadi ornamen dalam hutam.

Rekomendasi Wisata Bitung 

Pulau Serena via Instagram bacirita

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata bitung yang wajib dikunjungi. Monumen Trikora Mandala Sakti terletak di Batu Lubang, tepian Pulau Lembeh adalah monumen bersejarah Perang Dunia II, seakan menjadi tempat selamat datang bagi turis yang datang. Masih tentang monumen Perang Dunia II, Teman Traveler akan diajak untuk menyelam melihat kapal karam bekas perang di bawah laut kelurahan Mawali, Lembeh Utara dan di bawah laut depan Bimoli, Kecamatan Madidir.

Ada juga, wisata Gunung Dua Saudara di Kecamatan Ranowulu cocok bagi pecinta hiking dan tracking. Setelah naik gunung, Teman Traveler bisa mendatangi pantai-pantai di Bitung berpasir putih, ada Pantai Batu Putih, pantai Tanjung Merah, Pantai Pasir Panjang, Pantai Serena dan Pantai Langi.

Demikian Rangkaian acara Festival Pesona Selat Lembeh dan wisata yang wajib dikunjungi saat di Kota Bitung. Bagaimana Teman Traveler tertarik untuk berkunjung ke Kota Bitung? Next

ramadan

Love Hill, Terbius Pesona Karimunjawa dari Ketinggian

Yamie Panda, Nikmati Mie dengan Nuansa Oriental di Jogja