in , ,

5 Gunung di Jawa Tengah yang Memiliki Sumber Air, Pembawa Kesegaran untuk Pendaki

Pendaki tak perlu bawa banyak air nih

Sumber air memang berasal dari gunung. Namun, tidak semua gunung memiliki sumber air tersebut. Tapi, ada satu provinsi yang mempunyai banyak gunung dengan sumber air di dalamnya, yaitu Jawa Tengah. Ingin tahu gunung di Jawa Tengah mana saja yang memiliki sumber air? Berikut ulasannya.

Baca juga : Kampung Coklat Blitar, Wisata Lengkap dari Kuliner hingga Edukasi

1. Gunung Ungaran

gunung memiliki sumber air
Puncak Gunung Ungaran (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Meskipun tingginya hanya 2050 mdpl dan tergolong sebagai gunung kecil, tak menjadikan Gunung Ungaran kurang dalam memenuhi kebutuhan air bagi warga di sekitarnya. Gunung yang terletak di Kabupaten Semarang ini terkenal memiliki sumber air yang tak pernah kering, meskipun di musim kemarau panjang. Sumber air dapat ditemukan di air terjun di atas pos 2 dan kolam renang jika memilih jalan lewat kebun teh, keduanya dapat ditemukan di jalur pendakian via Mawar.

2. Gunung Merbabu

gunung memiliki sumber air
Gunung Merbabu (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung yang terkenal dengan keindahan pemandangannya ini juga banyak menyediakan sumber air bagi para pengunjungnya. Gunung yang memiliki ketinggian 3142 mdpl tersebut memiliki sumber air di pos 2 pendakian via jalur Wekas dan satunya terletak 5-10 menit sebelum pos 3 pendakian via jalur Suwanting.

3. Gunung Sumbing

gunung memiliki sumber air
Gunung Sumbing (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah yang terkenal dengan kegagahannya ini juga tersedia sumber air di dalamnya. Gunung yang memiliki ketinggian tertinggi 3371 mdpl ini juga dikenal memiliki jalur pendakian yang relatif berat. Oleh karena itu, dengan mengetahui sumber air yang tersedia di gunung ini tentu akan banyak mengurangi beban yang harus dibawa. Sumber air di Gunung Sumbing hanya ada di jalur pendakian via Mangli, tepatnya di pos 2.

4. Gunung Lawu

whatsapp_image_2020_01_31_at_11_80s.jpeg
Gunung Lawu (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selanjutnya, gunung yang menyediakan sumber air di dalamnya adalah Gunung Lawu. Gunung yang terkenal dengan kemistisannya ini memiliki air melimpah. Sumber air terletak di pos air yang berada di bawah pos 3 dan hanya membutuhkan perjalanan sekitar 10 menit dari pos 3 pendakian via jalur Candi Cetho.

5. Gunung Slamet

whatsapp_image_2020_01_31_at_11_2HB.jpeg
Gunung Slamet (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Terakhir adalah Gunung Slamet. Gunung berketinggian 3428 mdpl dan menjadi gunung api yang sedang aktif saat ini juga menyediakan banyak air di dalamnya. Sumber air dapat ditemukan dekat dengan pos 5.

Itulah beberapa gunung di Jawa Tengah yang memiliki sumber air. Semuanya memiliki sumber air yang melimpah, sehingga memudahkan pendaki agar tidak membawa air terlalu banyak. Next

ramadan

Tips Sewa Motor di Thailand, Traveling Seru Tidak Kena Tilang

3 Tempat Indah di Austria, Panoramanya Bagaikan Lukisan