in ,

Orang Utan Tergeser dari Habitat, Ini Penangkarannya di Indonesia

Penangkaran Orang Utan, Tempat Mereka Direhabilitasi

FI Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting via Shutterstock

Baru-baru ini beredar sebuah video menyayat hati di Twitter. Terlihat seekor orang utan tengah melintasi hamparan tanah yang kelihatannya sedang dibangun suatu proyek atau pertambangan. Walaupun tidak diketahui secara pasti lokasinya, namun melihatnya membuat kita semakin menyadari bahwa habitat orang utan makin tergeser.

Baca juga : Bebek Goreng Enak di Solo, Tekstur Empuk dengan Cita Rasa Bikin Melongo

Walaupun memang terdapat beberapa penangkaran di bawah organisasi yang peduli terhadap kelangsungan hidup orang utan. Teman Traveler juga dapat berkunjung untuk mengenal mereka lebih dekat. Di mana sajakah?

Samboja Lodge

Orang Utan di Samboja Lodge via Instagram @bosf_sambojalodge

Selanjutnya ada Samboja Lodge di bawah yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), berada di Jalan Balikpapan-Handil KM. 44, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Samboja Lodge memiliki sekitar 6 pulau buatan sebagai lokasi penangkaran hewan sakit maupun yang tidak bisa bertahan hidup di habitat aslinya. Ada juga program Sekolah Hutan bagi Orangutan. Hewan khas Indonesia ini diajak belajar, bermain, dan latihan bertahan hidup sebelum dilepas ke alam liar.

Bukan hanya sebagai lokasi rehabilitasi hewan, area ini juga dijadikan sebagai objek wisata. Teman Traveler dapat terlibat langsung ke dalam setiap aktivitas yang terjadi di sini.

Taman Nasional Tanjung Puting

habitat orang utan
Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting via Shutterstock

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan cagar alam yang merupakan habitat orang utan. Lokasinya berada di Teluk Pulai, Kabupaten Kotawaringin, Kalimantan Tengah. Jumlah orang utan di sini cukup banyak mencapai puluhan ribu ekor.

Namun, beberapa waktu lalu lahan taman nasional ini mengalami kebakaran. Sehingga terdapat beberapa orang utan yang terkena dampak, salah satunya adalah penyakit pernapasan.

Taman Nasional Gunung Leuser

habitat orang utan
Orang Utan di TN Gunung Leuser via Instagram @christoph_creutzburg

Habitat orang utan selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di 2 provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Kawasan ini begitu luas sehingga terdiri dari beragam hutan dan cagar alam. Di antaranya hutan rawa, bakau, dataran rendah, maupun lumut.

Terdapat pula wisata alam yang biasa dijadikan jujugan para traveler. Nah, salah satu di antaranya adalah tempat di mana Teman Traveler bisa melihat orang utan yaitu Bukit Lawang.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh via Twitter @bukittigapuluh

Berikutnya adalah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Kawasan ini merupakan tempat bagi setidaknya tiga hewan khas Sumatera yaitu orang utan, gajah, dan harimau.

Ada pula beragam spesies burung dan mamalia di sini. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga menjadi area tempat pelepasan orang utan Sumatera yang sebelumnya sudah menjalani rehabilitasi.

Itulah setidaknya 4 penangkaran orang utan di Indonesia, ada yang merupakan habitat aslinya maupun buatan. Semoga mereka semakin lestari, ya. Next

ramadan
Mie Ayam Bakso Kang Naryo

Pondok Makan Kang Naryo, Mie yang Bikin Ngiler di Batas Jogja

Pulau Tanjung Kelayang

Pulau Kelayang, Surga Belitung dengan Telaga Bidadari yang Mempesona