in ,

4 Kampung Kuliner di Indonesia, Sajikan Makanan Nusantara dengan Rasa Tiada Tara

Sudah pernah ke salah satunya belum?

Kalau berkunjung ke suatu kota, pasti yang banyak dicari adalah makanan khasnya. Nah, biasanya para pelancong akan mencari tempat makan legendaris atau populer untuk memuaskan perutnya. Namun, di beberapa kota ada yang berbeda nih. Mereka menyediakan kampung kuliner yang isinya warung yang menjual serba makanan khas dari daerahnya. Kira-kira di mana saja ya? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga : Ini Dia Gereja Ayam di Magelang Menggegerkan Media Internasional

1. Kampung Brem, Madiun 

kampung kuliner
Kampung Brem via facebook/Fitri Beken 

Kalau Teman Traveler berkunjung ke Madiun, tak ada salahnya untuk mampir ke Kampung Brem. Lokasi tepatnya berada di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Caruban. Di desa ini terdapat puluhan pengusaha kuliner Brem yang melegenda itu. Ada sekitar 54 orang yang menekuni usaha kuliner tradisional ini. Maka dari itu, orang menyebutnya dengan sebutan Kampung Brem.  

kampung kuliner
Salah satu produksi Brem via facebook/Kampung Brem 

Ada banyak varian rasa Brem yang bisa Teman Traveler pilih. Seperti Anggur, Black Forest, Bubble Gum dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri, semua Brem dibanderol mulai Rp3.500 per buahnya.  

2. Gang Sate, Ponorogo 

kampung kuliner
Warung Sate Ayam H. Tukri Sobikun via instagram/anggawidyasaputra

Masih di Jawa Timur, ada lagi kampung kuliner yang tak kalah hits. Adalah Gang Sate yang berada di Jalan Lawu gang I, Nologaten, Ponorogo. Kampung ini dikenal luas sebagai sentra dari Sate Ponorogo yang sudah tidak diragukan lagi kualitas rasanya.

kampung kuliner
Produksi sate di Gang Sate via instagram/triadi.setiawan

Sate di daerah Nologaten ini memiliki keunikan, yakni pada daging ayam yang dipotong dengan irisan tebal memanjang. Setelah itu, sate akan dilumuri dengan bumbu rempah bawang dan ketumbar terlebih dahulu sebelum dipanggang. 

Bisnis kuliner di Gang Sate yang cukup tua usianya adalah Warung Sate Tukri Sobikun. Tempat ini merupakan langganan istana negara, mulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo. Dalam sehari, warung makan ini bisa menyajikan hingga 7500 tusuk sate.

3. Kampung Gudeg Wijilan, Yogyakarta 

Suasana Kampung Gudeg Wijilan via instagram/conredblue

Datang ke Jogja, tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi Gudeg. Nah, supaya kalian tidak bingung ingin pergi ke rumah makan mana, sebaiknya mampir saja ke Kampung Gudeg Wijilan.

Gudeg Jogja Wijilan Bu Widodo via instagram/cnlulaby

Lokasinya yang tak jauh dari Keraton Yogyakarta, membuat siapa saja mudah menjangkaunya. Di sini, kalian akan menemukan banyak sekali warung Gudeg dengan harga yang berbeda-beda. Jadi, kalian bisa memilihnya sesuai keinginan dan budget tentunya. 

4. Kampung Nasi Kuning, Samarinda 

Kampung Nasi Kuning via instagram/reksisundu

Terakhir, ada Samarinda yang punya Kampung Nasi Kuning. Keunikan yang terdapat pada kampung ini terletak pada lauknya yang mayoritas menggunakan lauk ikan haruan atau ikan gabus yang sangat terkenal di Samarinda. Ikan haruan/gabus ini dimasak menggunakan bumbu merah yang membuat lauk ikan ini gurih dan lebih nikmat. 

Nasi Kuning Samarinda via facebook/Kanditha Husein

Nasi kuning di kampung ini ditawarkan mulai dari harga Rp10.000 sampai Rp18.000, tergantung dari lauk apa yang digunakan untuk menyantap makanan ini. Kalau kalian ingin mengunjunginya, bisa mampir ke Jl. Lambung Mangkurat, Samarinda, Kalimantan Timur.  

Itulah deretan kampung kuliner yang ada di Indonesia. Teman Traveler bisa mlipir ke sana, kalau sedang berlibur ke kota-kota tersebut. Jadi, mana nih yang ingin kalian kunjungi sebentar lagi?  Next

ramadan
Suasana di Karakter Kopi

Karakter Kopi Bali, Coffee Shop Unik dengan Konsep Rumah Panggung

Tipe Kamar Hotel

10 Tipe Kamar yang Bakal Kamu Temui di Hotel Indonesia