in , ,

Jalan-jalan ke Masjid Agung Keraton Surakarta, Ada Apa Saja?

Ada juga menara yang banyak dicari wisatawan di sini

Processed with VSCO with g3 preset

Surakarta memang mempunyai banyak tempat wisata di dalamnya. Tapi, ada salah satu tempat yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan, yaitu Masjid Agung Keraton Surakarta. Ada banyak hal yang bisa kalian temukan di sana. Kira-kira apa saja ya? Simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Snake Temple Malaysia, Tempat Peribadatan yang Dipenuhi Ular Berbisa

Lokasi Strategis

masjid agung keraton surakarta
Pintu Gerbang Masjid (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Tempat ibadah ini berada di lokasi yang sangat strategis karena dekat dengan Keraton, Alun-alun, dan juga Pasar Klewer. Lebih tepatnya, masjid ini berada di Jalan Masjid Agung No.1, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bentuk Bangunan Masjid yang Masih Dipertahankan

masjid agung keraton surakarta
Interior masjid (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Setiap sudut bangunan pada masjid ini sangat memikat mata para pengunjung. Di mana penggunaan kayu cukup mendominasi pada beberapa bagian masjid, belum lagi ukiran-ukiran yang juga menambah keindahan masjid. Meski sudah mengalami beberapa kali pemugaran, tapi bentuk aslinya masih dipertahankan.

masjid agung keraton surakarta
Ruang utama masjid (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Seperti masjid pada umumnya, tempat ibadah ini juga memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi. Seperti pada ruang utama terdapat mimbar lengkap dengan ukirannya dan juga mihrab sebagai tempat salat imam. Kemudian di bagian luarnya terdapat serambi yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan. Bahkan saat ini sudah memiliki beberapa bangunan pendukung seperti perpustakaan dan poliklinik.

Menara Masjid yang Juga Memikat

taufiq_fadhilah__6__cKG.jpg
Menara masjid (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Ada yang unik di sisi lain bangunan masjid. Yaitu sebuah menara yang berdiri kokoh. Menara ini cukup menarik perhatian para pengunjung karena memiliki konsep arsitektur yang berbeda dari masjid lainnya. Konon, konsep ini menyerupai Qutub Minar yang berada di New Delhi, India.

Instagenic untuk Pencari Spot Foto

taufiq_fadhilah__4__598.jpg
Bagian depan masjid (c) Taufiq Fadhilah/Travelingyuk

Sampai saat ini, Masjid masih berfungsi sebagai tempat beribadah bagi umat Islam. Namun tak jarang para pengunjung mengabadikan momen. Ini dikarenakan bangunan masjid ini masih asli dan memiliki konsep arsitektur khas Jawa. Hal ini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang terbiasa melihat bangunan berkonsep modern.

Inilah hal-hal unik yang akan Teman Traveler temukan jika berkunjung ke Masjid Agung Keraton Surakarta. Nah, bagi kalian yang ke sini akan menemukan banyak pedagang makanan di sekitar masjid. Menariknya, hampir semuanya khas dari Surakarta. Bagaimana, tertarik untuk datang ke sini? Next

ramadan

Telaga Cinta Karawapop, Eksotisme Raja Ampat yang Tak Boleh Dilewatkan

Waroeng Spesial Sambal “SS”, 30 Jenis Sambal Jadi Surganya Pecinta Pedas Surabaya