in , ,

6 Tips Saat Menginap di Hostel, Milenial Wajib Tahu!

Biar Nggak Malu-maluin, Simak Dulu Tips Berikut

Tips dan Trik Menginap di Hostel (C) Natalia Travelingyuk
Tips dan Trik Menginap di Hostel (C) Natalia Travelingyuk

Dewasa ini, traveling sudah menjadi salah satu gaya hidup. Bagi kaum milenial, berkunjung ke kota baru untuk menghabiskan hari libur, menjadi momen-momen yang menyenangkan. Sarana transportasi dan akomodasi pun sudah banyak pilihan. Nah, ada 6 tips dan trik saat menginap di hostel yang perlu diperhatikan. Baca sebelum liburan, ya. 

Baca juga : Sate Buntel, a Fruit of Ingenuity from Solo

1. Pilih Kamar Sesuai Gender

tidak_sendirian_di_kamar_CRt.jpg
Female room di hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Terdapat beberapa macam hostel yang dapat dipilih, seperti kapsul dengan box-box untuk setiap kasur. Ada juga yang bergaya dormitory, biasanya menggunakan ranjang susun. Namun, persamaan dari keduanya adalah kamar digunakan bersama. Artinya, kamu tidak sendirian.

Tips pertama, pastikan Teman Traveler memperhatikan jenis kamar saat memesan. Biasanya hostel menyediakan beberapa pilihan kamar. Khusus wanita, khusus pria, juga yang mix atau campur. Pilihlah sesuai dengen gendermu agar bisa istirahat dengan tenang dan nyaman

2. Siapkan Earplug

box_di_hostel_4ov.JPG
Single box di hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Hostel identik sebagai tempat menginap pilihan para backpacker. Hal ini dikarenakan harganya yang murah meriah, namun sudah mendapat fasilitas yang lumayan. Tidak jarang para traveler tersebut baru datang tengah malam. Agar tidurmu tak terganggu, pastikan Teman Traveler menyiapkan earplug, ya. Bisa juga tidur sambil mendengarkan musik. 

3. Jangan Menelepon

Menginap di Hostel
Kafe dan ruang duduk di hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Ingat sekali lagi, Teman Traveler tak sendirian di dalam kamar. Mungkin saja ada tamu di box lain yang sedang kelelahan dan ingin beristirahat. Pastikan tidak membuat keributan di dalam kamar. 

img20190913105328_qbU.jpg
Ruang Baca di hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Saat menginap di hostel, sudah menjadi aturan tak tertulis agar tak menelepon saat di dalam kamar. Teman Traveler bisa turun ke lobby, ruang kerja (coworking space), ruang baca yang biasanya disediakan hostel. Jangan lupa juga untuk memasang smartphone kamu dalam mode senyap, ya.

4. Bawa Sandal Sendiri atau Sewa

Menginap di Hostel
Kotak sepatu di hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Pada umumnya, hostel tidak memperbolehkan tamu memakai sepatu atau sandal hingga ke dalam ruangan. Hostel yang saya tempati bahkan menyediakan box-box lucu untuk menyimpan sepatu. Namun, jika merasa tak aman, kamu bisa membungkus sepatumu dan menyimpannya dalam lokermu.

img20190914074155_emc.jpg
Sandal hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Karena kebijakan ini, hostel biasanya juga menyediakan sandal khusus untuk di dalam ruangan. Ada yang meminjamkan dengan cuma-cuma, ada juga hostel yang menyewakan, dan dikembalikan saat check out.

5. Antri Kamar Mandi

Menginap di Hostel
Kamar mandi hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Beberapa hostel menyediakan satu kamar mandi untuk bersama di setiap kamar. Namun, ada pula yang kamar mandinya berada di luar kamar. Karena untuk bersama, pastinya Teman Traveler tak bisa berlama-lama menggunakannya. Satu lagi, pastikan untuk tetap menjaga kebersihannya, sehingga bisa langsung digunakan oleh tamu selanjutnya.

Tips lainnya yang nggak kalah penting adalah membawa barang-barang pentingmu. Saya membiasakan diri membawa satu tote bag. Saat mandi, selain menyiapkan baju ganti dan alat mandi, saya juga membawa serta dompet dan smartphone. 

6. Siapkan Gembok Sendiri

img20191008153836_Kov.jpg
Siapkan gembok sendiri (C) Natalia/Travelingyuk

Biasanya loker disediakan di luar kamar. Namun, beberapa hostel juga ada yang melengkapi box dengan brankas. Nah, yang perlu Teman Traveler perhatikan adalah tak semua hostel juga turut menyediakan gemboknya.

Untuk tips selanjutnya, sebaiknya Teman Traveler menyiapkan gembok sendiri. Pilihlah yang tanpa kunci, seperti yang saya gunakan ini. Aman, karena nggak perlu khawatir akan kehilangan kunci. Gembok pun bisa Teman Traveler gunakan saat menginap di hostel-hostel lain di liburan selanjutnya. 

Menginap di Hostel
Tips dan Trik Menginap di Hostel (C) Natalia/Travelingyuk

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik saat menginap di hostel. Akomodasi murah meriah ini biasanya instagenic dan terletak di lokasi strategis, lho. Dengan menerapkan tips di atas, Teman Traveler bisa menginap dengan aman dan nyaman. Bagaimana, kapan mau coba? Next

ramadan

Written by Natalia

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Rayakan Hari Ayah, 4 Aktivitas Liburan Ini Bisa Kamu Lakukan Bersama Papa Tercinta

OTW Foodstreet Malang, Bisa Multitasking Berfaedah di Satu Tempat