in , ,

Menyibak Nuansa Magis nan Mistis di Pantai Ngobaran Jogja

Menelusuri eksotisme pantai Jogja yang penuh misteri

Siapa yang sering berwisata ke Jogja? Mungkin jika Teman Traveler sering mengunjungi daerah Wonosari, Gunungkidul, kalian bakal akrab dengan keindahan pantai plus bukit batu yang berjejer mengelilinginya. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah Pantai Ngobaran. Konon destinasi ini menyimpan sisi magis dan mistis yang kental. Penasaran? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Mimosa Makers Market, Tempat Alternatif Berburu Oleh-Oleh Unik di Jogja

Jadi Daya Tarik Wisatawan karena Berbalut Religi

5c3915bc5332a639764fcaba767d8393_bZk.jpg
Pemandangan pesisir (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Daya tarik utama Gunungkidul adalah setiap pantainya mampu memberikan pengalaman dan persepsi yang berbeda. Serasa sedang diajak menari-nari oleh desiran ombak dan angin yang ada. Demikian pula saat kalian mengunjungi Pantai Ngobaran.

Pantai yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda dari pantai biasanya. Daya tarik yang ditawarkannya adalah keindahan pesisir yang dibalut dengan kesan religi, plus dibangunnya pura-pura megah di sekitar pantai.

Pesona Pura yang Agung di Pantai Ngobaran Jogja

img_1565710252004_tWL.jpg
Pura di Pantai Ngobaran Jogja (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pura biasanya hanya dijadikan tempat ibadah untuk umat Hindu. Namun di sini, tempat ibadah juga dijadikan tempat wisata untuk umum. Kalian bisa merasakan suasana religi sekaligus keindahan alam secara bersamaan jika berkunjung ke Pantai Ngobaran.

img_1565710244191_qKr.jpg, pantai ngobaran jogja
Pemandangan pesisir (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Tampilan arsitektur dari pura yang ada di sini juga memberikan kesan klasik dengan ciri khas bangunan berusia tua, namun masih sangat kokoh dan megah. Keindahannya berpadu dengan pesona laut biru yang terbentang luas ditambah sunrise dan sunset di balik bangunan pura tersebut.

Hayati Iman di Pesisir Pantai Ngobaran Jogja

1ad4e372602bf096f0811a5d8c42ab8a_HYq.jpg, pantai ngobaran jogja
Sudut pandang tempat wisata (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Di dalam pura terdapat beberapa tempat yang sakral nan estetik, seperti patung para dewa lengkap dengan arsitektur candi yang khas. Kalian bisa mengabadikan momen ini dengan berswafoto di tempat-tempat tersebut secara leluasa. Tetapi ingat! Tetap jaga kebersihan dan ketenangan, karena bagaimanapun juga itu adalah tempat ibadah umat Hindu.

5483260786d7661859ed3b5f6e23057a_KwS.jpg, pantai ngobaran jogja
Pemandangan pura (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Selain keindahan bangunan pura, di bagian lain bibir pantai terdapat tempat yang mengarahkan kalian ke bibir pantai langsung. Teman Traveler bisa langsung bermain air sepuasnya, loh! Hanya saja patut diperhatikan, ada beberapa spot yang melarang pengunjung untuk mandi di sana.

Sering Jadi Pusat Penyelenggaraan Hari Keagamaan Besar

20190815_171122_455_vMQ.jpg, pantai ngobaran jogja
Di tengah batuan karang (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pada hari tertentu, khusus nya pada hari besar Hindu, Teman Traveler bisa melihat dan merasakan langsung prosesi peribadatan umat Hindu. Tentu saja, kalian tidak bisa lalu lalang sepuasnya, apalagi sampai masuk ke kompleks pura. Kalian hanya bisa melihat dari luar sambil mendengar alunan musik dan lantunan peribadatan yang sakral nan magis.

b2b088d9b8ee2d01a3c01b664a738964_ADL.jpg, pantai ngobaran jogja
Upacara adat (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pastinya keren dan syahdu sekali ya, Teman Traveler karena bisa mendapatkan momen yang indah sekaligus sakral. Kalian bakal melihat bagaimana umat Hindu begitu taat dan tenggelam dalam proses peribadatan yang agung.

Indonesia indah karena adanya keberagaman dan toleransi yang besar. Semuanya itu bisa didapat saat berwisata ke Pantai Ngobaran Jogja. Jadi bagaimana? Tertarik untuk berlibur dan belajar perbedaan di pantai keren yang satu ini? Next

ramadan

4 Masjid Bermaterial Anti Mainstream di Indonesia, Ada yang Berlantai Batu Giok

Taman Indian Coban Jahe 2, Spot Menarik untuk Kumpulin Foto Estetik