in ,

4 Pulau Terkecil di Indonesia, Panorama Spektakuler Laksana Surga

Salah satunya sudah diakui PBB jadi pulau terkecil di dunia

Indonesia memang kaya akan pulau-pulaunya yang tersebar dari ujung timur hingga ke barat. Bahkan, banyak di antaranya mempunyai keelokan yang tiada tara. Contohnya seperti sejumlah pulau terkecil di Indonesia yang akan Traveling Yuk jelaskan berikut ini. Jadi, simak ulasan di bawah ini, ya. 

Baca juga : Kopi Lonceng Malang, Ngopi Nuansa Tempo Dulu

1. Pulau Pahawang 

pulau terkecil di indonesia
Pulau Pahawang via twitter/sindyprtwi_

Lokasi pertama yang kerap dianggap kecil-kecil cabai rawit adalah Pulau Pahawang. Terletak di Lampung, pulau ini memiliki hamparan air laut serta pasir putih yang sangat indah. Ditambah juga dengan panorama bawah lautnya yang memiliki aneka warna serta biota laut yang beragam. Oleh karenanya, Pulau Pahawang ini sering disebut dengan primadonanya Lampung

Di sini terdapat dua pulau, yakni Pahawang besar dan kecil. Bedanya hanya di ukuran pulaunya. Teman Traveler bisa mencapai pulau ini melalui Pelabuhan Ketapang yang akan memakan waktu kurang lebih 45 – 60 menit. 

2. Pulau Kecil 

pulau terkecil di indonesia
Pantai Pulau Kecil via instagram/wephe93

Bagi Teman Traveler yang suka snorkeling, diving dan lain sebagainya, sangat cocok untuk mampir ke Pulau Kecil. Berlokasi di Kepulauan Karimunjawa, tempat ini memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Ada banyak biota laut yang dimilikinya, seperti Kepe-kepe, Ikan Badut, Anemone, terumbu karang dan masih banyak lagi. 

Keunikan lain di pulau ini juga terdapat sebuah pondok kayu. Di sekitar pondok kayu terdapat pohon cemara dan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Sehingga ketika terlihat dari bibir pantai, pemandangan tersebut tampak indah dilihat.

3. Pulau Simping 

Pulau Simping via instagram/nessadilaand 

Di wilayah Singkawang, Kalimantan Barat juga ada pulau dengan ukuran kecil bernama Simping. Pulau yang sebelumnya disebut sebagai Kelapa Dua ini ternyata sudah diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Dengan total luas hanya setengah hektar. 

Walaupun tidak berukuran besar, pulau ini masih setia menyajikan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain pemandangan laut dan pantai yang bisa ditemukan di pulau lainnya, Pulau Simping ini juga mampu menghadirkan pemandangan perbukitan yang aduhai. 

Walaupun tidak bisa menampung banyak orang layaknya Pulau Bali atau Lombok, namun tidak pernah sepi pengunjung. Baik untuk melihat pemandangan maupun menghilangkan rasa penasaran mengenai keberadaan pulau terkecil di dunia ini.

4. Pulau Samalona 

Pulau Samalona via twitter/Daeng_Info

Terakhir, ada Pulau Samalona yang berada di perairan Makassar. Menurut, beberapa warga yang tinggal di sekitar sana, pulau ini ternyata mengalami penyusutan dari tahun ke tahun. Terakhir diperiksa, luasnya hanya tersisa sekitar 2 hektare. Meskipun begitu, pemandangan bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia. Tidak heran jika setiap hari selalu ada wisatawan baik lokal maupun asing yang menyempatkan diri untuk datang ke pulau ini. 

Jika pengunjung ingin melihat keindahan bawah laut, pulau tersebut juga menyediakan jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu. Harga sewa alat-alat snorkeling adalah sekitar Rp50.000-Rp100.000, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga. Kalau kalian tidak ingin menyelam juga tak masalah, karena Teman Traveler bisa melihat indahnya terumbu karang dari atas air. 

Deretan pulau terkecil di Indonesia ini ternyata mempunyai banyak kelebihan. Salah satunya adalah panoramanya yang begitu memukau, sehingga menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Nah, apakah kalian tahu ada pulau kecil lain yang keindahannya melebihi pulau di atas? Kalau ada, bisa share di kolom komentar, ya.  Next

ramadan
Hotel Majapahit Surabaya

Hotel Majapahit Surabaya, Kamar Unik Serba Klasik

5 Tempat Nongkrong Anak UB yang Hits Banget