in , ,

Rumah Makan Cairo Bangil, Nasi Samin-nya Top Banget

Bersantap Nikmat ala Timur Tengah di Rumah Makan Cairo Bangil

Nasi Samin khas Rumah Makan Cairo
Nasi Samin khas Rumah Makan Cairo (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Jika bertanya pada warga sekitar soal kuliner khas Bangil, Teman Traveler mungkin akan direkomendasikan mencicipi nasi punel. Namun jika ingin sesuatu yang beda dan unik, kalian bisa coba mampir ke Rumah Makan Cairo. Mereka sajikan aneka masakan khas Timur Tengah dengan cita rasa yang cukup otentik.

Baca juga : Cempedak, a Paradise on a Private Island near Bintan

Teman Traveler bisa mencicipi nikmatnya Nasi Samin alias Nasi Minyak, sajian yang diadaptasi dari negeri jazirah Arab. Seperti apa rasanya? Yuk, simak ulasan soal Rumah Makan Cairo Bangil berikut ini.

Nasi Samin yang Unik

Dokumentasi Pribadi
Menu makanan yang tersedia (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Nasi Samin sejatinya bukan makanan asli Indonesia. Sajian ini mulai dikenal di Nusantara berkat pengaruh dari para pedagang Timur Tengah. Dalam beberapa dekade belakangan, sajian satu ini telah berkembang dalam berbagai varian dan sebutan di Tanah Air.

Dari segi penampilan, sajian ini memang cukup mirip dengan nasi kebuli. Namun demikian, rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Di kawasan Sumatra, sajian ini dikenal dengan sebutan nasi minyak. Kuliner ini juga lumayan populer di antara warga Kalimantan Selatan.

Olahan ala Rumah Makan Cairo

Dokumentasi Pribadi
Salah satu sudut rumah makan (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Masakan ini sebenarnya cukup sederhana. Nasi dimasak bersama minyak samin, bumbu, dan aneka rempah pilihan. Biasanya disajikan dengan potongan daging empuk plus acar. Namun demikian, bumbu yang digunakan berbeda dari nasi kebuli lho.

Menurut salah seorang pramusaji Rumah Makan Cairo, nasi samin tidak dimasak menggunakan santan. Hmm, pantas saja cita rasanya lumayan unik Teman Traveler.

Dokumentasi Pribadi
Sate dan daging sedang dipanggang (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Oh ya, selain nasi samin, rumah makan ini juga menyediakan hidangan lain yang tak kalah nikmat lho. Teman Traveler bisa pesan sate, gule, nasi kebuli, soto, dan masih banyak lagi.

Harga Bersahabat

Dokumentasi Pribadi
Daftar harga (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Buka mulai pukul 08.00 hingga 23.00, rumah makan ini mematok harga cukup bersahabat. Seporsi nasi samin bisa Teman Traveler tebus dengan bermodal Rp35.000 saja. Porsinya pun cukup mengenyangkan, dengan rasa yang tentu saja nikmat.

Dokumentasi Pribadi
Deretan tusuk sate yang menggoda (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Hal tersebut juga berlaku untuk menu lain. Menu makanan ditawarkan mulai Rp15.000 hingga Rp70.000. Sementara untuk minuman, bisa ditebus dengan bermodal antara Rp3.000 hingga Rp20.000. Pilihannya beragam, mulai dari es teh, es jeruk, sinom, dan masih banyak lagi.

Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Dokumentasi Pribadi
Suasana di dalam rumah makan (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Rumah Makan Cairo memiliki tempat parkir luas. Teman Traveler yang sedang melakukan perjalanan liburan bersama keluarga bisa beristirahat sejenak di sini. Area makannya juga lumayan luas, dengan sederet meja kursi nyaman.

Selain sudah menyediakan toilet, di sekitar rumah makan juga terdapat banyak mini market. Teman Traveler tak perlu khawatir bakal kesulitan mencari perbekalan jika sedang mampir ke sini.  

Mudah Dijangkau

Dokumentasi Pribadi
Rumah makan tampak depan (c) Trisia Widya Marthalina/Travelingyuk

Rumah Makan Cairo beralamat di Jalan Untung Suropati no. 678, Kawasan Swadesi Kidul Dalem, Wetanalon, Kersikan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Lokasinya cukup cukup strategis kok. Jika Teman Traveler hendak menuju arah Banyuwangi tanpa lewat tol, hampir bisa dipastikan kalian akan melintasi tempat ini.

Jaraknya hanya sekitar 1,3 kilometer dari Stasiun Bangil atau dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih lima menit dengan menumpang mobil pribadi. Jika Teman Traveler bepergian dengan bus, bisa langsung turun di Halte Swadesi yang berada tepat di seberang rumah makan ini.

Bagaimana Teman Traveler, kapan kalian berencana menyantap lezatnya nasi samin buatan Rumah Makan Cairo? Pastikan mampir jika sedang menjelajah wisata Bangil ya. Next

ramadan

Air Terjun Sadundu Pidu, Surga Tersembunyi yang Miliki Banyak Keunikan

Menikmati keindahan Bolu-bolu via Wediawu

Pantai Wediawu, Wisata Bahari Lengkap di Sudut Malang