in , ,

Sumber Polaman, Kolam Pemandian dengan Ikan yang Tak Pernah Berkurang Jumlahnya

Suasananya sejuk banget

Kolam pemandian yang berasal dari sumber alam sekarang ini sedang menjadi favorit. Seperti yang ada di Kabupaten Malang bernama Pemandian Sumber Polaman. Pemandian ini bukan tempat biasa, tapi merupakan peninggalan kerajaan. Kalau kalian ingin tahu lebih banyak tentang tempat ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca juga : Museum Musik Indonesia dapat Bantuan 3.500 USD dari UNESCO

1. Lokasi Pemandian

sumber polaman
Pintu gerbang pemandian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pemandian satu ini berlokasi di Jl. Indrokilo No. 188 Dusun Polaman, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Untuk menuju pemandian bersejarah ini, kita cukup menuju ke daerah Pasar Lawang, lalu mengarah ke selatan.

Setelah jembatan atau sebelum Stasiun Lawang kita cukup berbelok di pertigaan ke arah barat menuju Jl. Indrokilo. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena berada tepat di tepi jalanan desa. Setelah sampai di area Sumber Polaman, kita bisa langsung masuk tanpa membayar karcis masuk alias gratis.

2. Area Kolam yang Meneduhkan

sumber polaman
Jalanan di tengah-tengah kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan sesaat masuk ke dalam area Sumber Polaman, nuansa teduh akan langsung kita dapatkan. Itu karena ada dua kolam pemandian yang bakal menyambut pengunjung, di sebelah kanan dan kiri. Ini juga karena adanya pepohonan besar di setiap sudut area pemandian.

sumber polaman
Salah satu kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan semakin masuk ke area pemandian, kita akan mendapati 2 buah kolam alami lagi. Jadi, total kolamnya ada 4 buah. Kolam-kolam ini sebenarnya boleh kita gunakan untuk mandi. Tapi pengunjung yang datang ke sini lebih banyak berdiam diri di sisi kolam sambil mengamati ikan-ikan berenang dan sesekali memberinya makan.

3. Banyak Ikan di Dalam Kolam

lrm_export_20190725_201714_G44.jpg
Ikan di dalam kolam (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Melihat kolam-kolam yang ada di Sumber Polaman ini, tentu yang menjadi perhatian adalah banyaknya ikan yang ada di dalam setiap kolam. Ikan-ikan ini konon katanya juga sudah hidup sejak dulu dan jumlahnya tidak pernah berkurang atau bertambah. Maka dari itu, para pengunjung dan warga sekitar dilarang keras untuk mengambil ikan-ikan ini.

4. Menjadi Tempat Favorit untuk Melepas Lelah

lrm_export_20190725_201345_o9D.jpg
Gazebo di area kolam pemandian (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengunjung yang datang ke sini, sebagian besar tidak akan mandi. Mereka hanya akan duduk-duduk istirahat di gazebo ataupun tempat lain di dalam area Sumber Polaman. Ini karena tempat tersebut sangat jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga cocok sebagai lokasi beristirahat.

5. Bersebelahan dengan Bukit Batu & Wahana ATV

lrm_export_20190725_201457_y7I.jpg
Bukit Batu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau kita ke Sumber Polaman, kalian juga bisa ke sebuah bukit yang ada di bagian belakang area kolam. Bukit ini disebut Bukit Batu. Meski begitu, kalian tidak akan menemukan lahan yang tandus, melainkan teduh karena banyak pohon rindang tumbuh di bukit tersebut.

lrm_export_20190725_201526_pgf.jpg
Wahana ATV (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masih di area Bukit Batu, kita juga akan menemukan sebuah wahana mini ATV. Tapi sayangnya, ATV hanya bisa dinaiki saat musim liburan. Ini karena di hari biasa, tidak banyak pengunjung yang datang ke sini.

6. Sumber Air Juga Dimanfaatkan PDAM

lrm_export_20190725_201413_V3P.jpg
Dijadikan sumber PDAM (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain dimanfaatkan untuk kolam pemandian, sumber mata air di sini juga dimanfaatkan PDAM untuk mengalirkan air bersih ke rumah-rumah warga. Tandon airnya pun bisa kita temukan di area belakang wisata Sumber Polaman.

Itulah sekilas tentang Sumber Polaman. Kolam pemandian ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain untuk mandi, air di sini juga dimanfaatkan PDAM guna mengalirkan air bersih ke warga setempat. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Next

ramadan
Sprei Hotel

Penasaran Sprei Hotel Kamu Diganti Atau Nggak? Kepoin Trik Ini

Ilustrasi kemping

5 Tips Membeli Tenda Agar Camping Jadi Makin Istimewa