in , ,

Tahu Gimbal Pak Edi, Khas Semarang Bikin Ketagihan

Semarang tidak hanya terkenal dengan kulinernya lumpia, dan wingko babat, tetapi tahu gejrot juga makanan khasnya

Tercatat sebagai salah satu kuliner khas Semarang selain lumpia dan wingko babat, tahu gimbal layak masuk bucket list. Kalau ingin menjajal cita rasa tahu gimbal yang sudah melegenda, maka Tahu Gimbal Pak Edi jawabannya. Sebab tahu gimbal Pak Edi yang asli, tak punya cabang di mana-mana.

Baca juga : Penginapan di Bali yang Pernah Disinggahi Andrew White dan Nana Mirdad

Sajian ini mudah sekali kamu temukan di warung-warung tepi jalan protokol, khususnya di seputar lapangan Simpang Lima dan Taman Indonesia Kaya (TIKAY). Penasaran seperti apa? Intip yuk ulasan lengkapnya.

img_20191023_194537_OTG.jpg
Pusat tahu gimbal ada di samping TIKAY (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Usia Tahu Gimbal Pak Edi 20-an Tahun

img_20191023_191754_q0c.jpg
Menuju warung tahu gimbal Pak Edi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bicara kuliner legendaris, pertanyaan yang terbersit pasti tak jauh-jauh dari berapa lama usia kuliner tersebut. Konon warung tahu gimbal ini sudah eksis sejak 20-an tahun yang lalu. Sehingga kini warungnya dikelola oleh anak dari Pak Edi.

Lokasi warung sangat mudah ditemukan, yaitu di samping Taman Indonesia Kaya dulunya bernama Taman KB. Tepatnya di ruas Jalan Menteri Supeno, Semarang Selatan. Teman Traveler bisa mampir setiap hari mulai jam 13.00 sampai jam 23.00 WIB.

Tidak Buka Cabang

img_20191023_191911_4PE.jpg
Warung Pak Edi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menjadi satu di antara pusat kuliner di Kota Semarang, tak hanya warung ini saja yang menempati ruas Jalan Menteri Supeno. Ada banyak pilihan menu street food dan beberapa di antaranya juga menjual sajian tahu gimbal.

Menariknya, warung tahu gimbal yang lain ternyata menyematkan nama yang mirip dengan Pak Edi, sepeti Tahu Gimbal Pak Edi 1, Pak Edi 2, atau Pak Edi A.

Supaya Teman Traveler tak salah alamat, warung yang asli mempunyai ciri khas khusus, yaitu terdapat tulisan ‘Tidak Buka Cabang’ pada banner yang dipasang di depan warung.

Warung tersebut dapat kamu jumpai di dua titik di sepanjang ruas Jalan Menteri Supeno, yaitu di deretan tengah dan deretan paling ujung utara. Jadi, jangan sampai salah warung ya.

Tahu Goreng dan Bakwan Udang

img_20191023_192409_lFs.jpg
Tumpukan gimbal (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mengapa disebut tahu gimbal? Tentu saja karena sajian ini menggunakan bahan utama berupa tahu dan gimbal. Gimbal smerupakan sebutan khusus
orang Semarang untuk bakwan yang isinya berupa udang. Tahunya sendiri sudah digoreng lebih dulu sebelum disajikan bersama gimbal.

Rahasia Tahu Gimbal

img_20191023_193104_bxJ.jpg
Tampilan tahu gimbal (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dilihat sekilas, tampilan tahu gimbal mirip dengan ketoprak. Tapi, melihat isiannya, tentu saja sangat berbeda. Selain tahu goreng dan gimbal, juga ada isian berupa lontong, irisan kubis, dan telur dadar. Kemudian disiram saus kacang yang dibikin dadakan, kecap manis, terakhir ditutup dengan kerupuk udang.

img_20191023_192200_3NW.jpg
Dapur tahu gimbal Pak Edi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang membuat rasa tahu gimbal sangat khas, yaitu saus kacangnya. Bumbu pada saus kacang di tahu gimbal, selain menggunakan kencur, juga melibatkan petis dan kuah dibuat dengan aneka bumbu rempah.

Alhasil, rasa yang tercipta merupakan perpaduan manis, pedas, dan gurih. Khusus di sini, kamu bakal menjumpai saus kacangnya diberikan dalam takaran yang banyak. Sedap banget!

Porsi Melimpah

img_20191023_192543_p8B.jpg
Langsung kenyang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Yang wajib Teman Traveler ketahui, sajian dihidangkan dengan porsi yang melimpah. Kalau dirasa kebanyakan, kamu bisa pesan tanpa memakai lontong.

Meski porsinya banyak, harga seporsi terbilang terjangkau, yaitu dibanderol Rp17.000 saja, sudah dengan lontong. Harga tersebut biasanya bakal naik di musim lebaran menjadi Rp22.000 seporsi.

img_20191023_193425_Yxx.jpg
Ada es campur dan es durian juga (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, demikian tadi ulasan lengkap tentang Tahu Gimbal Pak Edi, kuliner khas Semarang yang melegenda. Supaya makin lengkap, Teman Traveler bisa pesan es campur atau es durian yang menjadi menu lain di warungnya.

Pastikan untuk mampir saat Teman Traveler wisata ke Kota Semarang ya. Dijamin, kelezatan tahu gimbal yang bikin ketagihan. Next

ramadan

Tak Perlu Takut! Patuhi 5 Aturan Ini Saat Ke Monkey Forest Ubud

Aneka Menu di Cafe Tahu

Cafe Tahu, Kedai Nikmat Serba Tahu di Bali