in , ,

Taman Flora Surabaya, Secercah Penyejuk di Metropolitan

Ngadem Sejenak di Taman Flora, Oase Segar di Tengah Surabaya

Taman Flora Surabaya
Taman Flora Surabaya (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kehadiran ruang terbuka hijau di Surabaya sungguh jadi secercah penyejuk di tengah padatnya metropolitan. Salah satunya adalah Taman Flora, yang paling sering dikunjungi warga lantaran berada berada di pusat kota. Fasilitas yang disediakan juga sangat banyak. Yuk, langsung simak cerita saya saat habiskan akhir pekan di sana.

Baca juga : Tebing Unik yang Menjadi Destinasi Wisata Kekinian di Indonesia

Beragam Flora

img_20190811_121450_mQZ.jpg
Suasana sejuk di Taman Flora (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Taman Flora dulunya merupakan lokasi kebun pembibitan di Surabaya, yang kini sudah dipindah ke Kebun Bibit Wonorejo. Lokasinya berada tepat di jantung kota, tepatnya di Jalan Manyar no. 80A.

Di sini Teman Traveler bisa temukan beragam koleksi tanaman dan pohon. Jenisnya juga bervariasi, mulai dari tanaman pelindung, perdu/semak, langka, dan serta palem. Beberapa yang cukup banyak ditemui adalah beringin, asam Jawa, lengkeng, matoa, mundu, dan masih banyak lagi.

Beragam Fauna

img_20190714_121743_FjF.jpg
Penangkaran rusa (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Terlepas dari namanya, taman ini tak hanya memiliki flora namun juga beragam fauna. Masing-masing ditempatkan di lingkungan khusus sesuai habitat aslinya. Dibentuk sedemikian rupa hingga nampak bersih dan terawat.

Teman Traveler bisa temukan rusa, serta beragam jenis ikan dan unggas. Salah satu yang menarik perhatian adalah kandang rusa. Tempatnya cukup luas, dihiasi pepohonan rindang dan terlihat sangat bersih. Pengunjung bisa memberi makan rusa dengan wortel dan dedaunan di sini.

img_20190811_122439_tz9.jpg
Burung merah di salah satu taman fauna (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Taman Flora memiliki tempat penangkaran burung yang cukup luas. Beragam unggas bisa ditemukan di sini, mulai dari merak, kasuari, kalkun, kakak tua, ayam, dan masih banyak lagi. Semuanya terlihat sehat dan dan sangat cantik. Salah satunya adalah merak yang bisa Teman Traveler lihat dalam foto di atas.

Ramah Difabel

img_20190811_121312_QQc.jpg
Jalan khusus difabel (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Satu hal yang patut diapresiasi dari taman kota di Surabaya adalah ketersediaan fasilitas khusus bagi difabel. Mereka yang kekurangan pun tetap bisa berjalan-jalan santai tanpa kesulitan di sini. Terdapat jalur khusus untuk pengguna kursi roda, lengkap dengan pagar pembatas.

Fasilitas Bermain Anak

img_20190811_122726_CYb.jpg
Salah satu wahana bermain anak (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Ini nih salah satu fasilitas yang paling cocok digunakan ketika Teman Traveler sedang melakukan rekreasi bersama keluarga maupun anak-anak. Di Taman Flora terdapat banyak arena bermain yang terdiri dari ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, hingga kawasan khusus outbond.

Tak hanya anak kecil, wahana ini juga bisa dinikmati oleh orang dewasa juga lho. Lumayan lah, Teman Teman Traveler bisa sekalian mengenang kembali masa kecil.

Fasilitas Edukasi

img_20190811_124458_5R3.jpg
Perpustakaan di dalam taman (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Taman ini juga memiliki beberapa fasilitas edukasi, salah satunya adalah perpustakaan umum. Semua pengunjung bisa mengaksesnya secara gratis setiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 16.00. Di dalamnya tersedia beragam jenis bacaan menarik. Hadirnya perpustakaan ini diharapkan bisa membantu meningkatkan minat baca masyarakat Kota Pahlawan.

img_20190811_124929_4Zq.jpg
Broadband Learning Center (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain itu masih ada Broadband Learning Center (BLC), tempat pembelajaran teknologi informasi dengan media komputer. BLC Taman Flora memiliki 20 buah komputer yang bisa dimanfaatkan anak-anak putus sekolah untuk menambah pengetahuan. Tak hanya itu, mereka juga bakal didampingi tutor dari Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya.

Fasilitas Penunjang Lainnya

Taman Flora
Ruang laktasi (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Taman ini juga memiliki sederet fasilitas penunjang lain seperti toilet, mushola, dan ruang laktasi. Ruangan terakhir tersedia untuk ibu-ibu agar bisa leluasa ketika menyusui sang buah hati. Fasilitas ini sangat bermanfaat dan termasuk yang paling banyak digunakan para pengunjung taman.

Sentra Kuliner

Taman Flora
Sentra kuliner (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sudah merasa haus dan lapar usai keliling taman, jangan khawatir. Kalian bakal menemukan sentra kuliner di samping area parkir motor. Warung-warung di sini menyediakan aneka jenis makanan dan minuman, serta beberapa camilan dan buah segar.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik untuk mengunjungi taman ini bila sedang wisata di Surabaya? Kalian bisa datang bersama teman dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan, dijamin akan betah berlama-lama di tempat ini. Next

ramadan
Pesona Perbukitan di Fatumnasi

Potret Cantik Fatumnasi, Pesona Alam Memukau di Kota Dingin

Pulau Bidadari, Tempat Melarikan Diri dari Hiruk Pikuk Jakarta