in ,

5 Tips Memilih Kamar Hotel yang Aman, Sambut Liburan Nyaman Bebas Cemas

Aneka inspirasi agar liburan makin seru dan mengasyikkan

Ketika kita hendak pergi berlibur, salah satu yang jadi poin utama adalah memilih tempat penginapan terbaik. Namun tahukah Teman Traveler, bahwa kita juga perlu memilih kamar hotel yang aman dan nyaman agar liburan bebas cemas. Nah berikut tips yang bisa membantu Teman Traveler saat hendak memilih akomodasi terbaik.

Baca juga : 4 Makanan Tradisional di Festival Kuliner Sleman, Enak dan Bikin Ketagihan

Pilih Hotel yang Resepsionisnya Standby 24/7

Ilustrasi resepsionis via Shutterstock

Ada beberapa tempat penginapan di mana resepsionisnya hanya standby di jam kerja. Ini sangat berisiko membahayakan keamanan penghuni hotel yang singgah. Siapa yang bisa menebak ada penyusup yang tiba-tiba masuk ke dalam kamar secara random?

Selain itu, resepsionis yang selalu standby akan sangat membantu Teman Traveler apabila ada hal-hal yang mendadak. Misalkan bila terjadi kejadian gawat darurat di kamar, kalian bisa langsung menghubungi front desk staff untuk meminta bantuan.

Sebisa Mungkin Hindari Sharing Facilities

Ilustrasi loker via Shutterstock

Biasanya, sharing facilities seperti loker berlaku di hostel atau dormitory. Meskipun terbilang aman, namun harus diperhatikan potensi barang tertukar atau lemari loker dibobol oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sebagai saran, taruhlah barang-barang berharga di tas tersendiri yang selalu kalian bawa, seperti dompet, paspor, dan barang elektronik.

Pilih Kamar di Lantai yang Strategis untuk Menyelamatkan Diri

Memilih Kamar Hotel yang Aman
Ilustrasi papan petunjuk darurat via Shutterstock

Jika Teman Traveler ingin memilih kamar sendiri, carilah kamar yang strategis untuk melakukan penyelamatan diri. Secara khusus, posisinya harus strategis dengan tangga darurat ataupun fasilitas penyelamatan. Menurut sebuah penelitian, kamar antara lantai 2 hingga 5 lah yang terbaik secara keamanan.

Lantai dasar tidak direkomendasikan karena merupakan target utama untuk disusupi oknum tidak bertanggung jawab. Sementara kamar di atas lantai 5 tidak akan terjangkau tangga pemadam kebakaran, sehingga evakuasi lewat jendela bakal susah.

Cek Review Hotel di Situs Populer

Memilih Kamar Hotel yang Aman
Ilustrasi hotel review via Shutterstock

Ingin tahu cara termudah memilih kamar hotel yang aman? Cari reviewnya di aneka aplikasi populer! Dari sini Teman Traveler bakal tahu mana tempat akomodasi yang aman dan nyaman untuk disinggahi.

Tapi hati-hati! Ada beberapa penginapan yang menggunakan fake reviews. Untuk mensiasatinya, amatilah jumlah responden dan keseimbangan review positif dan negatifnya.

Inspeksi Kamar yang Hendak Disinggahi

Memilih Kamar Hotel yang Aman
Ilustrasi kamera tersembunyi via Shutterstock

Selalu lakukan scanning kilat sesaat setelah sampai ke kamar yang hendak kalian singgahi. Yakinkan betul bahwa semua pintu, jendela, dan aneka fasilitas kamar termasuk di kamar mandi berfungsi dengan baik. Tentu kalian tidak mau dikenakan charge atas kerusakan yang tidak dilakukan, bukan?

Tak lupa, periksa sudut kamar, barangkali ada kamera pengintai rahasia atau cermin palsu yang dipasang. Memeriksa tanda-tanda lumut, kutu kasur, dan aneka potensi yang membahayakan kesehatan juga sangat diperlukan.

Itulah tadi deretan tips yang berguna saat hendak memilih kamar hotel yang aman. Sudah siap berlibur dengan seru dan nyaman? Next

ramadan
Demi Cinta Rela Memotong Telinga, 7 Tradisi Ekstrim di Indonesia

Demi Cinta Rela Potong Telinga, Ini 7 Tradisi Ekstrem di Indonesia

Pos Koffie Malang

Pos Koffie Malang, Fancy dan Ramah Keluarga