in ,

15 Wisata Murah di Nusa Penida, Puas Liburan Tanpa Takut Kantong Jebol

Tarifnya enggak sampai 20 ribu loh!

wisata murah nusa penida

Bali memang memiliki keindahan tiada tara di setiap sudutnya. Salah satunya seperti kawasan Nusa Penida yang tak pernah sepi pengunjung karena pesonanya yang hakiki. Meski begitu, ternyata ada banyak wisata murah di Nusa Penida yang bisa Teman Traveler kunjungi. Bahkan hampir semuanya tidak perlu merogoh kocek hingga Rp50.000. Lantas, apa saja ya wisata yang dimaksud? Yuk kita jelajah satu persatu. 

Baca juga : Mau Temukan ‘Hidden Gem’ Bandung? Coba Jalan-Jalan Malam di 5 Spot Ini

Pantai Suwehan 

wisata murah nusa penida
Pantai Suwehan via instagram/haloabe

Wisata murah di Nusa Penida pertama adalah Pantai Suwehan. Berlokasi di Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pantai ini memiliki karakter unik berupa tebing-tebing tinggi di sepanjang garis pantainya. Menariknya lagi, belum banyak yang tahu tentang pantai satu ini karena lokasinya cukup tersembunyi. Untuk masuk ke sini, para pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. 

Banah Cliff 

wisata murah nusa penida
Banah Cliff via instagram/adisumerta

Apabila Teman Traveler ingin berlibur ke lokasi yang instagenic, bisa datang ke Banah Cliff. Kalian bisa berfoto dengan latar batu karang di laut yang bagian tengahnya berlubang. Uniknya lagi, kalian juga dapat melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis. Apabila tertarik, langsung meluncur ke Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Kalian tak perlu merogoh uang sepeserpun kok untuk dapat menikmati pesonanya. 

Seganing Waterfall 

wisata murah nusa penida
Seganing Waterfall via instagram/laurie.desmarais

Nusa Penida juga punya air terjun yang namanya Seganing. Keindahannya bisa kalian  nikmati dengan gratis, namun perlu perjuangan yang agak keras untuk mencapainya. Ini dikarenakan air terjun berada di pinggir tebing dan jalurnya pun sangat licin.

Meski begitu, Teman Traveler tidak akan rugi karena pasti akan disuguhkan pemandangan yang begitu memanjakan mata. Kalau kalian ingin ke sana, datang saja ke Banjar Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. 

Pohon Cinta 

wisata murah nusa penida
Pohon Cinta via instagram/igedesubagiaa

Tempat instagramable bisa kalian dapatkan di Pohon Cinta yang berada di kawasan Pantai Kelingking. Bentuknya hanya berupa pohon tua yang sudah mati, namun cukup instagenic karena bagian belakangnya terdapat hamparan laut biru. Kalian bisa berfoto sepuasnya di sana, karena mengabadikan momen di Pohon Cinta tidak dipungut biaya. 

Tembeling Water Spring 

wisata murah nusa penida
Tembeling Water Spring via instagram/apinkpinkk

Untuk yang suka berendam, kalian dapat mengunjungi Tembeling Water Spring. Hanya dengan Rp5.000, kalian bisa berendam sepuasnya untuk menghilangkan rasa lelah. Tapi, ada aturan yang tidak boleh dilanggar oleh pengunjung, yakni kolam besar khusus laki-laki dan yang kecil untuk perempuan. Lokasi kolam ini berada di Desa Batu Madeg, Banjar Salak. 

Bukit Teletubbies 

wisata murah nusa penida
Bukit Teletubbies via instagram/yourbaliexperience

Tak hanya pantai, Nusa Penida juga punya bukit bernama Teletubbies. Terletak di Dusun Julingan, Desa Tanglad, bukit ini akan menyuguhkan panorama rerumputan hijau yang sangat menakjubkan. Datanglah dengan membawa uang Rp10.000 dan jangan lupa untuk memakai topi atau kacamata kalau datang di siang hari. 

Angel’s Billabong 

wisata murah nusa penida
Angel’s Billabong via instagram/deavv.su

Teman Traveler pasti sudah tak asing dengan yang namanya Angel’s Billabong. Ya, wisata kolam alami yang dikelilingi tebing ini memang selalu menjadi tempat favorit berlibur bagi turis. Para wisatawan biasanya berfoto atau sekedar melihat pesona dari wisata murah di Nusa Penida ini. Nah, kalau kalian tertarik, datang saja ke Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dengan membawa uang sebesar Rp10.000. 

Broken Beach 

Broken Beach via instagram/andreanec

Masih di sekitar Angel’s Billabong, ada Broken Beach yang tak kalah menarik perhatian. Pantai ini merupakan tebing karang yang memiliki lubang di dalamnya. Di dalam lubang tebing karang tersebut juga terdapat pantai yang indah, namun belum ada akses jalan untuk menuju ke pantainya. Oleh karenanya, wisatawan hanya menikmati keindahannya melalui pinggiran tebing. Apabila kalian ingin ke sana, perlu menyiapkan uang sebesar Rp10.000. 

Crystal Bay Beach  

Crystal Bay Beach via instagram/going.next

Selanjutnya ada Crystal Bay Beach yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Ini dikarenakan selain panoramanya yang indah serta aksesnya mudah, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Seperti snorkeling, diving dan memancing. Lokasinya berada di Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000. 

Pantai Kelingking 

Pantai Kelingking Via instagram/kelingking.beach

Selain Suwehan, ada pantai tersembunyi lain di Nusa Penida bernama Kelingking. Disebut tersembunyi, karena akses untuk menuju pantainya sendiri cukup sulit. Alhasil para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan lautnya dari atas tebing.

Jika kalian merasa tertantang untuk turun ke pantainya, datang saja ke Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk tiketnya sendiri dibanderol dengan harga Rp10.000. 

Diamond Beach 

Diamond Beach via instagram/barunkasvecova

Pantai menarik lainnya ada Diamond Beach yang berlokasi di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Tempat wisata satu ini mempunyai daya tarik yang membuat pengunjung betah. Adalah pemandangan batu kapur yang terlihat seperti berlian. Untuk dapat menikmatinya, Teman Traveler harus merogoh kocek sebesar Rp10.000. 

Pantai Atuh 

Pantai Atuh via instagram/carocdoux

Masih satu kawasan dengan Diamond Beach, Pantai Atuh juga tak kalah menakjubkan. Selain menawarkan panorama tebing kapur, di sana pengunjung juga dapat melihat pemandangan Samudera Hindia dari ketinggian. Eksotisnya Pantai Atuh ini bisa kalian nikmati dengan harga Rp10.000. 

Rumah Pohon Molenteng 

Rumah Pohon Molenteng via instagram/jerometraveller

Apabila Teman Traveler ingin tempat instagramable namun dengan pemandangan apik di sekitarnya, Rumah Pohon Molenteng bisa jadi pilihan. Berada di Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, rumah ini menghadap langsung ke Pantai Atuh. Sehingga kalian bisa membayangkan bagaimana indahnya mengabadikan momen di sini. Nah, untuk bisa berfoto di sana, kalian cukup membayar Rp10.000. 

Guyangan Waterfall  

Guyangan Waterfall via instagram/audryadwiana

Selain Seganing, air terjun lain yang ada di Nusa Penida bernama Guyangan. Air terjun yang memiliki harga tiket sebesar Rp10.000 ini juga membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Ini dikarenakan medannya cukup terjal dan air terjun terletak di tebing dengan kemiringan 80 derajat. Bagi kalian yang ingin menantang adrenalin, langsung saja ke Dusun Antapan, Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida. 

Pantai Andus  

Pantai Andus via instagram/dennisdiharjaya

Terakhir, ada Pantai Andus yang punya daya tarik menawan. Yaitu pemandangan hempasan ombak yang menabrak karang, sehingga bisa menyemburkan air laut hingga 11 meter. Tertarik untuk mengunjunginya? Datanglah ke Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk tiketnya dibanderol dengan harga Rp10.000. 

Itulah deretan wisata murah yang ada di Nusa Penida. Meski tarifnya sangat terjangkau, tapi keindahan yang ditawarkan tidak main-main. Semuanya memiliki pesona tersendiri yang sanggup membuat para pengunjung betah.  Next

ramadan
Jalur Pendakian Gunung Sumbing

5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing, Banyak Jalan Menuju Puncak

Kedai Lupa Lelah Malang

Kedai Lupa Lelah Malang, Tawarkan Panorama Sawah ala Ubud