in ,

5 Perubahan Visa Schengen Tahun 2020, Bekal Menyapa Kawan di Eropa

Jalan-jalan ke Eropa Harus Punya Visa Schengen

Visa Schengen Tahun 2020
Ilustrasi Visa Schengen Tahun 2020 via shutterstock

Teman Traveler ada yang berencana keliling Eropa tahun 2020? Sebelum itu, tentu harus mengurus visa. Visa Schengen namanya, memungkinkan Teman Traveler untuk berkunjung ke kurang lebih 26 negara di kawasan Eropa yang. Rupanya ada beberapa perubahan kebijakan mengenai Visa Schengen yang berlaku mulai Februari 2020. Apa saja, ya? Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Baca juga : 4 Cara Gila Jelajah Indonesia, Ada yang Rela Jalan Kaki

1. Biaya Visa Meningkat

Visa Schengen Tahun 2020
Ilustrasi Biaya Visa Meningkat via shutterstock

Mulai Februari 2020, Teman Traveler harus menyiapkan budget lebih demi mengajukan Visa Schengen. Biaya sebelumnya €60 atau sekitar Rp940.000an per aplikasi untuk orang dewasa, maka per 2020 menjadi €80 alias Rp1.250.000an. Sedangkan untuk visa anak-anak tarifnya Rp630.000an. Untuk anak usia 0-6 tahun akan dibebaskan biaya visa.

2. Perpanjangan Periode Pengajuan Aplikasi

Visa Schengen Tahun 2020
Ilustrasi Pengajuan Visa via shutterstock

Mulai Februari 2020, Teman Traveler yang hendak traveling ke Eropa dapat mengajukan Visa Schengen paling cepat 3 sampai 6 bulan sebelum waktu perjalanan. Sedangkan paling lambat 15 hari sebelum trip dimulai. Namun, disarankan paling tidak 3 minggu sebelum traveling berjalan. Semua itu demi kelancaran proses pengajuan visa yang memakan waktu tidak sedikit.

3. Formulir Aplikasi & Tanda Tangan Elektronik

Formulir dan Tanda Tangan Elektronik via shutterstock

Untuk formulir aplikasi bisa diajukan secara elektronik, bahkan bisa juga langsung dibubuhi tanda tangan. Hanya saja, tanda tangan pemohon Visa Schengen harus diakui oleh negara anggota Uni Eropa yang memang kompeten. Bila tidak, maka prosesnya tak akan mudah.

4. Memiliki Asuransi Perjalanan

Visa Schengen Tahun 2020
Ilustrasi Asuransi Perjalanan via shutterstock

Asuransi perjalanan adalah hal yang sangat penting dimiliki bagi Teman Traveler, tak terkecuali saat mengajukan Visa Schengen. Bagi pelancong yang mengajukan visa masuk ganda, maka diharuskan mempunyai bukti kepemilikan asuransi kesehatan perjalanan yang memadai dan sah.

Disertakan juga periode kunjungan pertama yang hendak dilakukan. Nantinya di formulir aplikasi juga akan ada kalimat deklarasi yang benar-benar menunjukkan bahwa pemohon punya asuransi kesehatan perjalanan.

5. Masa Berlaku Lebih Panjang bagi Pelancong dengan Riwayat Visa Positif

Ilustrasi Pelancong dengan Riwayat Visa Positif via shutterstock

Kalau Teman Traveler sudah pernah atau malah sering traveling keliling Eropa dan tidak pernah melanggar kebijakan apa pun bahkan punya riwayat positif, maka akan mendapat manfaat tersendiri. Riwayat visa positif di sini maksudnya pelancong menggunakan visa dengan benar secara hukum, punya kondisi ekonomi stabil, dan pulang dari Eropa sebelum masa berlaku visa habis. Keuntungannya adalah mendapat visa masuk ganda (multiple-entry visa) yang berlaku hingga lima tahun.

Teman Traveler tak perlu ragu lagi untuk traveling ke Eropa dengan adanya beberapa kemudahan terbaru dari Visa Schengen yang berlaku mulai Februari 2020. Puaskan berkunjung ke negara-negara impian Teman Traveler. Next

ramadan
Tombolo Pao, Kabupaten Gowa (c) AMI kun Travelingyuk

Keindaahan Tombolo Pao di Gowa, Sensasi Embun Dingin hingga Nikmati Sunset

Bakso Urat Arema, Penghangat di Tengah Dinginnya Kota Batu