in ,

4 Tempat Wisata Favorit Jokowi yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat wisata ini sering dikunjungi Jokowi dalam berbagai kesempatan.

presiden jokwi
presiden jokwi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkenal dengan kebiasaannya yang suka blusukan, salah satunya blusukan ke berbagai macam tempat wisata. tujuannya untuk memantau perkembangan tempat wisata setempat. Nah, beberapa dari antaranya ternyata merupakan tempat wisata favorit beliau loh. Berikut tempat wisata favorit Jokowi yang berhasil dihimpun Travelingyuk.

Baca juga : Intip Cantiknya Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek Lombok Barat

1. Pulau Rinca

Pulau Rinca
Pulau Rinca via Shutterstock

Tempat wisata favorit Jokowi pertama adalah Pulau Rinca. Pulau ini terletak di dekat Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di sini hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung.

Presiden Jokowi sempat mengunjungi pulau ini pada 11 Juli 2019 dalam rangka kunjungan kerjanya ke Nusa Tenggara Timur. Di sini beliau meninjau fasilitas yang ada dalam menunjang kegiatan pariwisata. Beliau ingin mengembangkan Taman Nasional Komodo menjadi kawasan wisata bersegmentasi premium.

2. Mandalika

Pulau Mandalika via Shutterstock

Salah satu kawasan wisata yang paling dikebut pengerjaannya adalah kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain karena pantai dan pemandangan alamnya mampu menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara, di kawasan ini akan dibangun Sirkuit MotoGP yang ditargetkan selesai pada tahun 2020.

Beberapa kali Presiden Jokowi mengunjungi kawasan ini. Bahkan Jokowi menyatakan kekagumannya akan pesona alam Mandalika yang dituang dalam vlog pribadinya pada bulan Oktober 2017. Jokowi berharap kawasan Mandalika akan menjadi salah satu kawasan wisata andalan Indonesia.

3. Raja Ampat

Raja Ampat via Shutterstock

Siapa sih Teman Traveler yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Lokasi ini juga sempat masuk dalam vlog pribadi Jokowi. Beliau bahkan menyatakan pesona keindahan Raja Ampat selalu membuatnya ingin kembali lagi dan menikmati pemandangan di sana. Karena tak sempat menyelam, Jokowi pun menghabiskan waktu di Raja Ampat dengan memancing dari atas sebuah kapal kepresidenan.

Danau Toba

Tentu Teman Traveler sudah familiar dengan Danau Toba, kan? Danau bekas letusan gunung super-vulkanik ini sedang diajukan sebagai UNESCO Global Geopark. Hal ini bertujuan agar kawasan ini makin dikenal hingga luar negeri.

Presiden Jokowi sendiri menaruh perhatian khusus terhadap Danau Toba. Bahkan beliau siap mengucurkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) sebesar Rp 3,5 triliun untuk pengembangan Danau Toba sebagai kawasan wisata primadona Indonesia loh!

Demikian destinasi wisata yang menjadi favorit Presiden Jokowi. Kalau Teman Traveler sendiri, tempat wisata mana saja yang menjadi destinasi favorit Teman Traveler?

Next

ramadan
Bukit Shoka

Shoka Bukit Senja, Menikmati Sisi Lain Parangtritis

Coban Kedung Malang

Coban Kedung Malang, Bagaikan Kucuran Air Surga