in ,

61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara

61 Tempat Wisata di Indonesia

51. Monkey Forest, Ubud

Monkey Forest Ubud via Shutterstock

Mandala Suci Wenara Wana lebih populer di telinga wisatawan dengan nama Monkey Forest Ubud. Tempat ini merupakan habitat asli kera ekor panjang khas Bali atau macaca fascicularis. Ada lebih dari 700-an kera hidup di lokasi yang dipadati pepohonan rimbun ini.

Baca juga : Benteng Pendem Cilacap, Tetap Kokoh Meski Berusia Ratusan Tahun

Selain melihat langsung tingkah polah para kera, pengunjung juga bisa mengunjungi tiga pura di dalam kawasan Monkey Forest. Lokasinya masuk dalam wilayah Desa Padangtegal, dan kini memegang peran vital dalam pengembangan spiritual, ekonomi, dan edukasi masyarakat sekitar.

52. Nusa Lembongan, Bali

Nusa lembongan seaweed farming in Bali, Indonesia (c) Shutterstock
Nusa Lembongan via Shutterstock

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil di bagian tenggara Bali. Belakangan sudah jadi salah satu destinasi wisata populer bagi turis di Pulau Dewata. Suasananya jauh lebih syahdu dibanding Bali Selatan, yang dari hari ke hari kian padat oleh wisatawan lokal maupun asing.

Ada banyak kegiatan menarik bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Selain berselancar, pengunjung juga bisa mengisi waktu dengan menyelam atau snorkeling. Sejauh mata memandang, hanya akan terlihat lautan elok berwarna biru terang.

53. Candi Prambanan, Jogja

Prambanan Temple. via Shutterstock.
Candi Pramabanan via Shutterstock

Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindhu dari era keemasan Kerajaan Mataram. Mereka sempat menguasai wilayah Jawa bagian tengah dan menaklukkan Dinasti Sailendra.

Masif dan megahnya Candi Prambanan membuat UNESCO memasuk situs ini dalam daftar warisan dunia, meski popularitasnya kerap kalah dengan Candi Borobudur. Sangat layak dikunjungi, apalagi di waktu-waktu tertentu Prambanan bakal menggelar pertunjukan sendratari Ramayana.

54. Gunung Merapi, Jogja

Aerial Lava Tour Merapi with Jeep of Merapi Lava Tour adventure - one good recreation for family or group of tour in Yogyakarta Indonesia (c) SHutterstcok
Pemandangan di sekitar Merapi via Shutterstcok

Merapi merupakan gunung api yang terletak di Jawa tengah, berada di wilayah Jogjakarta dan Solo. Pemandangan di sekitarnya sungguh menakjubkan. Wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup jika sedang berada di sekitar Kota Gudeg atau Kota Batik.

Pengunjung juga bisa menjajal asyiknya bertualang di sekitar lereng Merapi sambil menumpang mobil jeep. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan diajak mengunjungi beberapa spot menarik seperti bunker bencana dan batu berbentuk alien.

55. Garuda Wisnu Kencana, Bali

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana via Shutterstock

Setelah menanti hampir 30 tahun, Garuda Wisnu Kencana akhirnya rampung pada akhir 2018 silam. Monumen yang terinspirasi dari makhluk dalam filosofi Hindhu tersebut kini masuk dalam jajaran lima patung tertinggi dunia. Saking masifnya, wisatawan bisa melihat wujud Garuda Wisnu Kencana dari sejak mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Selain mengagumi masifnya monumen karya I Nyoman Nuarta, di kompleks GWK ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Selain berkeliling menggunakan bus mini khusus, pengunjung bakal dimanjakan pertunjukan di amfiteater, indahnya lotus pond, atau film di Garuda Cinema.

Next

ramadan

Sabet 3 Rekor MURI 2018, Seperti Apa Kemeriahan Imlek di Singkawang Tahun Ini?

Pempek megaria

Tak Perlu ke Palembang, Kedai Legendaris Jakarta Ini Suguhkan Pempek Super Endes