in ,

61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara

61 Tempat Wisata di Indonesia

56. Jalan Malioboro, Jogja

busy street of malioboro in Yogyakarta city (c)Shutterstock
Suasana Malioboro di malam hari via Shutterstock

Kawasan Jalan Malioboro adalah salah satu destinasi wisata populer di Jogja. Tiap sudutnya hampir selalu dipadati turis dari waktu ke waktu. Selain dekat dengan Benteng Vredeburg dan kawasan Keraton, di sini pengunjung juga bisa menemukan sederet penjaja kuliner tradisional dan aksesoris khas Jogja.

Baca juga : Kesegaran Air Telaga di Majalengka dari Bernuansa Bali Hingga Bekas Petilasan Prabu Siliwangi

Pemerintah Jogja terus mengembangkan kawasan Maliboro dalam beberapa tahun terakhir. Belakangan, jalanan di sini sudah ditetapkan bebas kendaraan bermotor. Selain itu kini sudah ada deretan Patung Bedjokarto yang jadi daya tarik anyar bagi para pengunjung.

57. Monumen Nasional (Monas), Jakarta

Monas via Shutterstock

Monas merupakan salah satu landmark ikonik di Jakarta pusat. Bentuknya melambangkan semangat perjuangan rakyat Indonesia. Dibuka sejak 1975, bangunan ini berdiri megah dengan bagian apinya berlapis emas.

Selain jadi destinasi wisata, Monas juga termasuk salah satu ruang publik populer di Jakarta. Warga sekitar seringkali memanfaatkannya untuk berolahraga maupun bersantai di akhir pekan. Jika ingin merasakan atmosfer kehidupan ibu kota, Monas jelas pantang dilewatkan.

58. Taman Sari, Jogja

Wisata Taman Sari yang asri, Via Shutterstock
Wisata Taman Sari yang asri via Shutterstock

Jogjakarta punya sederet destinasi wisata yang pantang dilewatkan. Beberapa di antaranya merupakan bangunan berarsitektur rumit nan indah, peninggalan dari era keemasan keraton. Taman Sari merupakan salah satunya.

Kawasan ini dulunya dimanfaatkan sebagai pemandian keluarga kerajaan, termasuk para permaisuri dan dayang-dayang. Kini, Taman Sari menjadi lokasi pantang terlewatkan di Kota Gudeg. Ada banyak foto menakjubkan bisa dihasilkan di tempat bersejarah ini.

59. Taman Mini, Jakarta

Istana Anak Anak Playcentre in Taman Mini Indonesia Park. (c) Shutterstock
Istana Anak Anak Playcentre in Taman Mini Indonesia Park via Shutterstock

Taman Mini Indonesia adalah sebuah area rekreasi bertemakan budaya di Jakarta Timur. Luasnya mencapai 101 hektar dan diisi beragam wahana yang menggambarkan kehidupan sehari-hari suku-suku di Indonesia. Di sini juga terdapat danau buatan dengan replika wilayah Nuantara di atasnya.

Pengunjung juga bisa merasakan keseruan lain selama berada di Taman Mini. Mulai dari melihat panorama ketinggian dengan naik kereta gantung, hingga menyaksikan pertunjukan film di teater Keong Mas. Cocok dijadikan destinasi liburan keluarga di akhir pekan.

60. Tangkuban Perahu, Bandung

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu via Shutterstock

Gunung Tangkuban Perahu berjarak sekitar 25 kilometer di utara Bandung. Salah satu tempat wisata populer di Indonesia ini menawarkan beragam kegiatan seru. Mulai dari sekedar menikmati panorama elok di sekitar gunung, hingga mencoba menyusuri bagian sekitar kawah serta menjelajah kawasan hutan rimbun.

Selagi berada di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kawah Domas. Di sini pengunjung bisa menemukan sebuah sumber air panas, yang saking panasnya sampai bisa dimanfaatkan memasak telur rebus. Fasilitasnya di sekitar kawasan Tangkuban Perahu termasuk lengkap, mulai dari area parkir, kios suvenir, dan restoran.

61. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Menyusuri Sungai Sekonyer
Menyusuri Sungai Sekonyer via Shutterstock

Tanjung Puting adalah salah satu destinasi wisata populer di Kalimantan Tengah. Pengunjung bisa menyaksikan orang utan berkeliaran bebas di sini. Liburan akan terasa berkesan sembari menyusuri sungai di tengah kawasan hutan rimbun. Dijamin bakal hadirkan pengalaman tak terlupakan.

Wisatawan akan diajak mengamati ekosistem alami di sepanjang aliran Sungai Sekonyer. Istimewanya lagi, perjalanan akan dilakukan menggunakan kapal klotok yang dilengkapi fasilitas lumayan mewah. Begitu sampai di tujuan akhir, pengunjung bakal bisa belajar lebih banyak soal kehidupan dan pentingnya konservasi orang utan.

Puluhan tempat wisata di Indonesia di atas, gambaran keindahan nusantara yang takpernah berhenti membuat banyak orang terpesona. Di antaranya, mana yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi? Atau adakah yang sangat ingin sekali dikunjungi? Next

ramadan

Sabet 3 Rekor MURI 2018, Seperti Apa Kemeriahan Imlek di Singkawang Tahun Ini?

Pempek megaria

Tak Perlu ke Palembang, Kedai Legendaris Jakarta Ini Suguhkan Pempek Super Endes