in ,

61 Tempat Wisata di Indonesia, Pancaran Keindahan Nusantara

61 Tempat Wisata di Indonesia

31. Kepulauan Karimunjawa, Jepara-Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa via Shutterstock
Kepulauan Karimunjawa via Shutterstock

Karimunjawa, kepulauan dengan beberapa gugusan pulau, terletak kurang lebih 83 kilometer dari Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal akan panorama objek wisata alam yang elok dan menarik pelancong untuk singgah. Terdapat beberapa pulau diantaranya, Menjangan Besar dan Kecil, Cemara Besar dan Kecil, dan Pulau Gelam.

Baca juga : Seharian di Gedung Spiegel Semarang, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Dengan adanya banyak pulau yang bisa dituju, Teman Traveler pun dapat melakukan macam-macam aktivitas anti bosan. Snorkeling, berinteraksi dengan ikan Hiu, menyaksikan keindahan sunset, maupun cicipi kuliner khas Karimunjawa seperti bakso ikan ekor kuning sampai lontong krubyuk.

32. Kawah Ijen, Banyuwangi-Jawa Timur

Blue Fire di Kawah Ijen via Shutterstock
Blue Fire di Kawah Ijen via Shutterstock

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Indonesi yang punya Blue Fire alias api abadi. Danau belerang ini punya tosca yang indah. Tidak heran pelancong rela mendaki demi menyaksikannya. Sebelum naik sebaiknya persiapkan fisik yang matang, karena perjalanan dapat memakan waktu sekitar 4 jam.

Jangan lupa selalu kenakan masker selama perjalanan. Dikarenakan bau belerangnya cukup menusuk hidung. Kalau mau menyaksikan Blue Fire, pastikan sampai di lokasi ketika pagi dini hari menjelang subuh.

33. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Maratua di Kepulauan Derawan via Shutterstock
Pulau Maratua di Kepulauan Derawan via Shutterstock

Kali ini mari beralih ke tempat wisata di Indonesia tepatnya Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Keindahannya tidak kalah dengan Raja Ampat. Kawasan ini mempunyai setidaknya tiga pulau langganan destinasi wisatawan.

Pulau Kakaban dengan danaunya yang dipenuhi ubur-ubur tanpa sengat. Pulau Maratua yang tersohor sebagai perlintasan penyu. Pulau Sangalaki yang punya ikan Pari Manta. Kepulauan Derawan punya panorama bawah laut indah, cocok dijadikan spot diving.

34. Kota Lama Semarang, Jawa Tengah

Kota Lama Semarang via Shutterstock
Kota Lama Semarang via Shutterstock

Semarang yang dikenal sebagai kota lumpia, punya wisata sejarah yaitu Kota Lama. Terdapat bangunan klasik peninggalan Belanda yang kini menjadi jujugan liburan pelancong. Diantaranya Gedung Marba yang sudah ada semenjak abad ke-19. Dahulu difungsikan sebagai kantor usaha pelayaran dan toko. Ada juga Gereja Blenduk yang dibangun oleh Belanda pada 1753, sampai rumah lawas yang ditumbuhi akar raksasa.

Kalau ingin makan dengan suasana seperti di Eropa bisa mampir ke Spiegel Bar&Bistro. Bangunan yang telah berusia sekitar 120 tahun ini menyajikan ragam cocktail, seafood, roti, maupun menu makanan barat. Jangan lupakan juga jalanan di Kota Lama yang cukup instagenic dan patut dijelajahi.

35. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi-Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu via Shutterstock
Pantai Pelabuhan Ratu via Shutterstock

Teman Traveler pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Seorang penguasa laut selatan Jawa yang konon selalu memakai baju tradisional berwarna hijau. Nah Pantai Pelabuhan Ratu diyakini menjadi tempat tinggal sang ratu. Tidak heran muncul kepercayaan, orang-orang menghindari mengenakan pakaian warna hijau.

Nyi Roro Kidul bisa membawa pengunjung yang berpakaian warna kesukaannya tersebut. Namun terlepas dari mitos tersebut, pantainya memang curam dan landai, disertai arus ombak cukup kuat. Tidak perlu khawatir, Teman Traveler bisa menikmati keelokan panorama Pantai Pelabuhan Ratu dari pantai di titik aman.

Next

ramadan

Sabet 3 Rekor MURI 2018, Seperti Apa Kemeriahan Imlek di Singkawang Tahun Ini?

Pempek megaria

Tak Perlu ke Palembang, Kedai Legendaris Jakarta Ini Suguhkan Pempek Super Endes